Pages

Monday 27 September 2010

Jessica fridich method

Terimakasih sebelumnya buat mas virkill yang telah membagi pengetahuannya, Kali ini saya akan membagi tutorial saya bagaimana cara memecahkan (solving) rubiks cube, metode yang akan saya bahas yaitu metode fridich.
Darimana kata fridich itu dan mengapa metode ini dinamakan metode fridich?
fridich berasal dari nama jessica fridich, jessica fridich adalah seorang professor fakultas elektronik dan komputer tepatnya di Universitas Birmingham. Beliau adalah penemu metode CFOP yang dikenal sebagai Metode Jessica Fridrich.
Nah kebetulah yang saya tau hanya sebatas itu jadi mari kita mulai saja metodenya satu persatu....

Cross
1. Membuat Cross
dalam metode ini sangatlah mudah kita hanya perlu membuat tanda (+) Disini saya perlihatkan Tanda (+) yang berwarna putih.Jangan lihat sisi Corner (pojoknya) yang penting tanda (+) berwana putih sudah jadi apabila ada edge (pojok) yang berwarna putih mengikuti biarkan saja yang penting tanda (+) putih sudah jadi.perlu diingat juga bahwa stiap ujung tanda (+) akan memiliki kaki dengan warna yang sama (merah lurus dengan merah, orange lurus dengan orange, biru lurus dengan biru dan hijau lurus dengan hijau). untuk membuat cross seperti ini hanya ada satu algoritma, bahkan itu tidak kita perlukan apabila kita telah terbiasa dengan rubik. Jadi alangkah lebih baik jika cross ini dibuat dengan logika anda sembari memacu penalaran intuitif kamu agar lebih peka terhadap gerakan rubik.

Bottom Layer
2. Bottom layer
ini tidaklah sulit hanya ada 2 algoritma untuk menyelesaikannya. Tanda Cross yang sudah benar diletakkan di bawah kemudian dengan melihat Corner yang berwarna putih dan lihat warna apasajakah selain putih
yang berada di Corner itu terus samakan dengan warna yang mana akan ditempatkan Corner putih itu kemudian lakukan Algoritma berikut R U R' (bila berada pada posisi kanan) L' U' L (bila berada pada posisi kiri) sampai warna putih itu masuk pada posisi yang seharusnya dan lakukan langkah ini sampai keempat warna putih itu masuk semuanya.



Middle Layer
 3. Middle layer
Untuk menyelesaika metode ini kita perlu melihat Edge (sisi tepi yang mempunyai 2 warna) yang berada di atas caranya kita lihat Edge yang berada diatas yang tidak mengandung warna kuning,trus lihat dari depan (warna apa yang berada di depan) kemudian samakan warna itu dengan warna tengah kemudian
pegang erat - erat lanjut lihat warna corner yang sudah disamakan tadi kali ini di bagian atas apakah sama dengan warna tengah yang berada dikanan atau warna tengah yang berada dikiri apabila sama dengan warna yang di kanan maka lakukanlah algortima brikut U R U R'U' F' U' F sedangkan bila dikiri U' L' U' L U F U F' siiiiiiip... lanjutkan sampai keempat edge masuk pada tempatnya sperti pd gambar.


Cross in top

 4. Cross in top
Membuat langkah ini anda akan disuguhi algoritma mudah yaitu F U R U' R' F' jika warna kuning diatas berbentuk jam 9 maka algoritma ini hannya 1X, jika berbentuk garis lurus (horizontal) maka algoritma ini diulang sampai 2X, dan jika hanya ada sebuah titik ditengah warna kuning algoritma ini diulang sampai 3X. Good!!! jadilah (+) tapi ingat!!! jangan lihat warna kuning yang berada dipojoknya... lihatlah warna kuning yang nantinya akan membentuk (+) termasuk tengah.



Fish
5. Top layer
Agar layer atas bisa terisi penuh dengan warna kuning maka anda perlu menghafal algoritma sbb R U R' U R U U R' lakukan Algoritma tsb sampai warna kuning membentuk ikan gambarnya sperti brikut.
bila sudah kita lihat dari posisi atas kemudian letakkan kepala ikan ke bawah sebelah kiri, dan jalankan algoritma tadi... bila hasilnya bentuk ikan lagi maka kepala ikan diputer lagi kebawah sebalah kiri
kemudian ulangi algoritma tadi... Ok..! sekarang layer atas sudah jadi. Sekarang tinggal 2 langkah lagi.






6.2 look PLL
Nah... Pada metode ini nantinya kita akan membuat Corner - Corner diatas menempati tempat yang seharusnya. lihat gambar, sebelum kita mengesolve kita lihat dulu apakah sudah ada 2 warna yang sama (a dengan a) pd 2 Corner. bila blum da yang sama lakukan algoritma berikut R U U R' U' R U U L' U R' U' L kemudian kita akan mendapatkan 2 sisi Corner yang sama. Bila sudah kita letakkan sisi yang sama tersebut disebelah kiri kemudian kita lakukan algoritma tadi sekali lagi dari depan.Alhasil Lanjut ke langkah terakhir....



7. The end step
Langkah terkhir menggeser Edge yang belum teratur ke tempatnya... dilakukan dengan Algoritma F F (U/U') R' L F F R L' (U/U') F F pada notasi (U/U') maksudnya anda harus melihat disebelah kanan atau kirikah warna yang sama dengan warna depan tengah (dalam hal ini corner yang berada di atas kanan/kiri) apabila warna yang sama berada di kanan maka gerakannya U sebaliknya bila warna yang sama berada dikiri maka gerakannya U'....
So.. Now U'r Rubiks cube solved. Khusus bagi kamu yang belum mengenal notasi rubik lihat ja videonnya... di pengenalan rubik. OK see you in the next posting... bye bye..

Mau lebih jelas lihat videonya

1 comment: